Kursor

Senin, 09 September 2013

materi PHPTRIAD

Belajar PHP dengan Mudah menggunakan PHPTRIAD

PHP adalah skrip pemrograman bersifat server side yang ditambahkan ke dalam HTML. PHP membuat suatu aplikasi dapat diintegrasikan ke dalam HTML sehingga halaman web tidak lagi bersifat statis, tetapi bersifat dinamis. PHP termasuk bahasa pemrograman web yang cepat berkembang dan diminati banyak orang. Salah satu alasannya adalah dekatnya pola pemrograman PHP dengan bahasa C. Sehingga yang sudah terbiasa dengan bahasa C bisa dengan cepat beradaptasi dengan PHP.
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis. MySQL merupakan database open source yang saat ini cukup banyak digunakan pada berbagai aplikasi. Keandalannya dalam mengolah database ditunjang kecepatannya dalam mengakses perintah query serta banyaknya fitur-fitur yang dimiliki menjadikannya sebagai database idola saat ini.
PHPTRIAD adalah sebuah bundle software under windows yang didalamnya terdapat Apache (webserver), PHP (script programming language), dan MySQL. Semua software tersebut bisa didapatkan hanya dengan satu kali install. Bagi pemula yang ingin belajar PHP-MySQL, phptriad sangatlah membantu. Karena kita tidak terlalu dipusingkan dengan instalasi software yang dibutuhkan secara terpisah-pisah.

Instalasi PHPTRIAD

Untuk mendapatkan PHPTRIAD kita bisa langsung mendowload dari http://www.PHPGeek.com. Berikut ini adalah langkah dalam melakukan instalasi PHPTRIAD.
1. Jalankan setup phptriad
2. Setelah di pilih “I Agree” maka proses instalasi dilakukan
3. Setelah selesai tekan tombol close
Menjalankan Apache
1. Untuk menjalankan apache kita bisa dengan mudah meng-klik start – all programs – PHP TRIAD – Apache Console – Start Apache.
2. Kemudian untuk men-test apakah apache sudah berjalan sebagai mana mestinya, maka kita buka internet explorer (start – all programs – internet explorer). Setelah itu pada address kita tuliskan http://localhost atau http://127.0.0.1.
3. Untuk file-file PHP yang kita buat, bisa disimpan dalam directory “c:\apache\htdocs\”. Untuk men-test apakah PHP sudah berjalan sebagaimana mestinya kita cukup mengetikkan http://localhost/phpinfo.php pada address bar internet explorer.
Menjalankan MySQL

Mengakses Database Mysql dengan PHPMyADMIN

PHPMyADMIN adalah sistem administrasi database MySQL yang berbasi s web. Semua administrasi dan manajemen dapat dilakukan melalui tampilan web. Untuk mendapatkan software ini kita bisa langsung mendowload dari http://phpmyadmin.sourceforge.net/. Namun, apabila kita telah meng-install PHPTRIAD, maka dengan sendirinya aplikasi PHPMyADMIN pun sudah terinstall. Untuk mengaksesnya kita cukup menuliskan http://localhost/phpmyadmin. Tapi sebelum semuanya bisa berjalan kita melakukan konfigurasi terlebih dahulu.
1. Buka file config.inc.php dari directory c:\apache\htdocs\phpmyadmin dengan menggunakan software text editor, kemudian edit pada bagian-bagian berikut dan sesuaikan dengan seting pada MySQL server yang kita gunakan :
- $cfgServers[1][’host’]=’localhost’;
(ip komputer yang terinstall MySQL, atau localhost untuk contoh kasus ini)
- $cfgServers[1][’user’]=’root’;
(user default dari mysql adalah root)
- $cfgServers[1][’password’]=’’;
(password default dari mysql biasanya kosong)
- $cfgPmaAbsoluteUri=’http://localhost/phpmyadmin
(lokasi dari phpmyadmin)
2. Kemudian buka internet explorer dan ketik http://localhost/phpmyadmin jika berhasil maka akan didapati tampilan seperti gambar berikut :
Instalasi dan Konfigurasi MySQL-FRONT

Selain dengan menggunakan PHPMyADMIN, kita dapat mengakses MySQL server kita dengan menggunakan software MySQL-FRONT. Software ini bisa kita dapatkan dari http://www.mysqlfront.de/. Versi yang digunakan dalam artikel ini adalah MySQL-Front Ver. 3.0.
Untuk menginstallnya kita cukup menjalankan file setup yang telah kita dapatkan, kemudian kita cukup mengikuti perintah yang tampil dilayar.
Setelah selesai proses instalasi, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi untuk seting MySQL server yang kita punya.
1. Pada bagian Connection – Server kita isikan localhost (atau ip MySQL kita apabila MySQL tidak di Instal secara stand alone
2. Kemudian pada bagian login, kita masukkan username dan password untuk mengakses MySQL Server.
3. Apabila berhasil maka akan terlihat tampilan seperti berikut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar